TUGAS 4
1.
APA YANG DIMAKSUD DENGAN:
·
HARGA: Harga adalah suatu nilai tukar yang bisa disamakan dengan uang atau
barang lain untuk manfaat yang diperoleh dari suatu barang atau jasa bagi
seseorang atau kelompok pada waktu tertentu dan tempat tertentu. Istilah harga
digunakan untuk memberikan nilai finansial pada suatu produk barang atau jasa.
Biasanya penggunaan kata harga berupa digit nominal besaran angka terhadap nilai
tukar mata uang yang menunjukkan tinggi rendahnya nilai suatu kualitas barang
atau jasa. Dalam ilmu ekonomi harga dapat dikaitkan dengan nilai jual atau beli
suatu produk barang atau jasa sekaligus sebagai variabel yang menentukan
komparasi produk atau barang sejenis.
·
PROMOSI: Promosi (pemasaran) adalah upaya untuk memberitahukan atau
menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk
membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor
mengharapkan kenaikannya angka penjualan.
·
BARANG: Barang atau komoditas dalam pengertian ekonomi adalah suatu
objek atau jasa yang memiliki nilai. Nilai suatu barang akan ditentukan karena
barang itu mempunyai kemampuan untuk dapat memenuhi kebutuhan.
2.
MENGAPA MASALAH HARGA DAPAT MEMBERIKAN DORONGAN BAGI PRODUSEN
UNTUK MEMBUAT BARANG-BARANG? DAN BAGAIMANA PULA PENGARUH HARGA BAGI KONSUMEN
DALAM MENETAPKAN PEMBELIAN?
Dari sudut pandang
produsen, harga merupakan komponen yang berpengaruh langsung terhadap laba
perusahaan dalam artian merupakan pendapatan. Penetapan harga telah memiliki
fungsi yang sangat luas di dalam program pemasaran. Menetapkan harga berarti
bagaimana mempertautkan produk kita dengan aspirasi sasaran pasar, yang berarti
pula harus mempelajari kebutuhan, keinginan, dan harapan konsumen. Berbicara
harga berarti bicara tentang citra kualitas dan seberapa tinggi
ekslusifitasnya. Tinggi rendahnya harga sangat berpengaruh terhadap persepsi
kualitas, sehingga ikut menentukan citra terhadap sebuah merek atau produk.
Penetapan harga juga berbicara mengenai variasi produk. Jika produknya
bervariasi tetapi ditetapkan dengan harga yang samamaka persepsi yang muncul
adalah kesamaan kualitas sebagai cerminan variasi produk secara
horisontal.
Jadi produsen perlu
menggunakan pendekatan harga yang strategis agar dapat dapat mendukung pula
tujuan bisnis secara keseluruhan.
Sementara itu dalam
menetapkan pembelian konsumen harga, sering kali digunakan sebagai indikator
nilai bila mana harga tersebut dihubungkan dengan manfaat yang dirasakan atas
suatu produk, atau dalam arti kata harga merupakan pengorbanan bagi konsumen
dalam mendapatkan suatu produk. Proses pengambilan keputusan dalam pembelian
produk barang dan jasa sangat dipengaruhi oleh perilaku konsumen itu sendiri.
Dalam keputusan pembelian
atau membeli barang, konsumen ada lebih dari 2 pihak yang terlibat dalam proses
pertukaran atau pembeliannya. Kegiatan keputusan pembelian yaitu meliput
pilihan akan produk, merek, pemasok, penentuan saat pembelian, jumlah
pembelian. Umumnya ada 5 macam peranan yang dapat dilakukan seseorang. Ada
kalanya ke-5 peran ini dipegang oleh satu orang, namun sering kali pula peranan
tersebut dilakukan oleh beberapa orang.
Pemahaman mengenai
masing-masing peranan ini sangat berguna dalam rangka memuaskan kebutuhan dan
keinginan konsumen.
3.
APA YANG DIMAKSUD DENGAN:
·
PASAR: Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi,
prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa
dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Pasar dalam ilmu
ekonomi, adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli. Transaksi jual-beli yang
terjadi tidak selalu memerlukan lokasi fisik. Pasar yang dimaksud bisa merujuk
kepada suatu negara tempat suatu barang dijual dan dipasarkan.
·
Contoh perusahaan yang menggunakan orientasi pasar. Manfaat pasar.
Dan manfaat bagi produsen dalam jangka panjang: Contohnya adalah perusahaan
Indomaret. Manfaat pasar yaitu bagi konsumen, pasar merupakan tempat untuk
mencari barang kebutuhannya, sedangkan bagi produsen pasar adalah sebagai
tempat menjual produknya.Manfaatnya untuk produsen dalam jangka panjang adalah
mencapai keunggulan bersaing dari fokus ke luar dan berorientasi pada pasar.
isu penting dalam pengembangan keunggulan bersaing meliputi, upaya menciptakan
nilai konsumen, menjaga kepuasan konsumen, membangun hubungan jangka panjang.
Komentar
Posting Komentar